Minggu, 18 Agustus 2013

Red Tube Sock

Membuat kaus kaki selalu menjadi project impian saya. entah kenapa setiap melihat pola kaus kaki di buku knitting selalu berandai-andai suatu saat saya akan merajut sepasang kaus kaki...:)

Tetapi, mungkin sebagian besar knitter merasakan apa yang saya rasakan, setiap dihadapkan pada situasi bahwa merajut kaus kaki selalu menggunakan empat jarum knitting atau biasanya disebut 'double pointed needles' pasti langsung ngeri. waduh......pakai dua jarum normal aja rajutan belum rapi, bagaimana dengan 4 jarum? belum lagi kendalanya ada celah (gap) antara jarum satu dengan jarum berikut.

Saya pernah coba dengan metode 'Magic Loop' atau menggunakan dua circular knitting, tetapi tetap bingung. rasanya banyak tali-tali melingkar disekitar tangan dan setiap saat harus mencek atau meluruskan tali-tali tersebut.

OK, anggaplah saya sudah mahir dengan persoalan jarum-jarum. tapi kendala berikut adalah tentang anatomi kaus kaki. ada bagian toe, foot, leg, rib. belum lagi ada bagian heel dirajut dengan metode 'short row' heel, atau slipstitch. 

kendala lain? masih ada lho, tapi ini mengenai ukuran benang. rata-rata benang yg digunakan benang yang halus, otomatis jarum yang dipakai juga jarum ukuran milimeternya kecil. kapan selesainya?

lalu menurut beberap literatur yang saya baca, wool dan atau merino murni ataupun campuran adalah benang yang paling baik dan cocok dipakai untuk kaus kaki. mahal dong???? sayang bener kalau cuma buat kaki...;) trus mana cocok buat daerah tropis??

wuuuuahhhhhh.....kapan bikin kaus kaki dong kalau begitu????

untungnya waktu saya tanya-tanya sama mbah google, ada yang namanya Tube sock. jadi kaus kaki ini ya bentuknya cilinder aja dari ujung ke ujung. cuma ujung yang satu di jahit tutup dengan variasi deberi bentuk kaki dan ujung yang satu diberi Ribbing. 

OK deh, tapi tetap harus pake empat jarum toh?

tanya lagi mbah Google....voila.....ternyata bisa pakai loom knitting. Hore.......masalah teratasi.

this is it.....
Red Tube Sock. Rencananya sih kaus kaki ini untuk saya pakai tidur. karena hanya memakai benang akrilik dan agak hangat kalau dipakai. tapi......ngga muat..:(

saya coba ke kaki anak saya Willliam umur 3 tahun, ternyata muat.benang yang dipakai adalah akrilik, ukuran 2, dengan loom Knifty Knitter yang 24 peg. 

mungkin kalau saya mengganti dengan benang yang ukurannya lebih tebal akan muat. 

oh ya, dengan benang diatas gauge yang didapat untuk 10x10 cm2 adalah 30 st X 22 row.

happy knitting

 

2 komentar:

  1. Wah kerenn.. aku malah belum bisa pakai loom knitting, belom pernah nyobain. Aku pernah nyoba bikin kaus kaki bayi pake 4 jarum DPNs gitu, dan bener sih emang ribet >,< akhirnya hasilnya acakadul.. heheheh..

    BalasHapus
  2. Terimakasih, artikelnya membantu sekali. Untuk yang mencari kosmetik organik dan terpercaya silahkan kunjungi www.greenmommyshop.com

    BalasHapus