Blocking (cara membloking rajutan)

Bloking rajutan merupakan pekerjaan terakhir dalam merajut (finishing) yang sangat penting. sebab mem-block rajutan atau knitting maka teksture rajutan (permukaan) rajutan menjadi rapi. kemudian dengan diblok maka sekaligus merapikan tusukan yang dipakai. misalnya rajutan dengan tusukan lace sebelum dirajut cenderung lebih mengkerut dan tidak terlihat bentuk polanya. tetapi setelah diblock akan terlihat bentuk polanya dan rajutan lebih rata dan tidak berkerut-kerut. 
alasan lain adalah dengan diblok maka rajutan yang sudah selesai dikerjakandibentuk ukurannya sesuai dengan skema ukuran yang kita pakai. karena rajutan yang belum dirajut ukurannya cenderung lebih kecil dari ukuran setelah diblok. berikut tahapan-tahapan bloking yang saya lakukan: 


berikut adalah rajutan yang telah selesai tetapi belum diblok



Pertama saya menggunakan washtafel sebagai wadah untuk merendam rajutan. washtafel saya isi dengan air dingin dan dicampur dengan shampo bayi sedikit. kemudian masukkanrajutan untuk direndam.


 Kemudian rendam rajutan selama 10 menit, jangan dikucek-kucek. cukup didiamkan saja


 setelah 10 menit, air rendaman pertama saya buang dan ganti dengan air bersih. saya rendam kembali selama 10 menit. setelah itu baru saya bilas kembali. selama membilas rajutan jangan dikucek, cukup ditekan-tekan saja. 

 
Kemudian rajutan saya bentangkan diatas handuk yang kering


 Gulung handuk dan rajutan sekaligus seperti pada gambar


Setelah digulung, tekan-tekan handuk agar menyerap air dari rajutan.setelah itu buka gulungan dan rajutan siap untuk dikeringkan


Pin rajutan dengan jarum khusus untuk blocking atau menggunakan jarum pentul yang anti karat. dalam hal ini harus diperhatikan ukuran rajutan sesuai skema dalam pola. untuk rajutan ini saya mengerjakan pola dengan ukuran L, dimana disebutkan panjang rajutan 60 cm, lebar rajutan bagian pinggang 54 cm, lebar bagian bawah 60cm dsb. maka rajutan dibentuk dan di pin sesuai dengan ukuran-ukuran tsb. bila perlu agak ditarik sambil diratakan rajutannya. 
 

Untuk bagian leher juga di pin supaya bentuknya bagus. perhatikan bahwa bentuk kerung leher adalah tusukan lace, sehingga agar polanya terlihat rajutan agak ditarik keatas sedikit kemudian di pin
 

Tampak hasil rajutan dari belakang sangat pas dengan ukuran badan saya yang L (XL sometime)....:D
 

Tampak hasil rajutan dari depan.....:)

jadi bloking adalah salah satu tahap dalam knittingatau crochet yang sangat penting yang membuat hasil jerih payah kita dalam membuat rajutan terlihat rapi dan profesional. happy blocking....:)


Postingan Populer