Selasa, 27 September 2016

Basic Crochet Stitch (Tusuk Merajut Kait Dasar)

hi....ternyata sudah lama sekali sejak post terakhir saya di tahun 2015. sebagai seorang ibu dengan tiga orang anak yang masih berumur dibawah 10 tahun memang agak sulit untuk mencari waktu melakukan hobi.

Tetapi anak-anak bukan jadi penghalang untuk menekuni hobi bukan? bahkan kadang-kadang hobby saya merajut menjadi kegiatan selingan yang menyenangkan ketika sedang menunggu anak-anak sedang les atau bahkan ketika sedang menunggu giliran di lampu merah...

Berbicara tentang merajut (dalam bahasa Indonesia) adalah sangat berbeda dengan merajut dalam terminologi bahasa Inggris. 

Merajut sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah membuat rajut, dimana rajut sendiri salah satunya berarti bahan pakaian yang disirat dengan tangan atau mesin rajut. Merajut dalam terminologi Indonesia mencakup merajut dengan dua jarum dan merajut dengan satu jarum.

Merajut dengan dua jarum disebut 'knitting" dalam bahasa Inggris, sementara untuk merajut dengan satu jarum disebut "crochet". Baik Knitting maupun Crochet keduanya merupakan kegiatan merangkai benang dengan menggunakan jarum untuk membuat sebuah helai kain yang digunakan untuk pakaian atau asesoris. 

Dalam beberapa buku Knitting ataupun buku Crochet terbitan luar negeri yang saya baca ada beberapa metode dalam mendeskripsikan suatu pola. Yaitu dengan cara menggunakan symbol-symbol khusus yang sifatnya universal, biasanya buku-buku yang menggunakan sistem symbol adalah buku-buku terbitan Jepang, China ataupun Taiwan. sedangkan buku-buku terbitan Amerika atau UK cenderung menggunakan singkatan-singkatan dalam mendeskripsikan suatu pola. 

saya sendiri pribadi lebih menyukai sistem yang digunakan buku-buku America tetapi memang pola yang dibuat menjadi panjang dan buku atau pola menjadi tebal. 

Bagaimana dengan Indonesia? sampai saat ini sepertinya perajut Indonesia terbagi dua yaitu yang suka dengan pola simbol dan pola deskripsi dengan menggunakan singkatan yang notabene berbahasa Inggris. 

Dalam blog ini saya menggunakan istilah MERAJUT KAIT untuk Crochet (merajut dengan satu jarum) dan MERAJUT untuk Knitting (merajut dengan dua jarum).

Saya disini bukan bermaksud membuat terminologi merajut baru atau apa pun itu, tetapi beberapakali apabila saya berniat untuk membagi pola buatan saya sendiri sering terkendala dengan cara penyampaian desain yang saya buat. karena terbiasa dengan terminologi Inggris saya terbiasa menulis pola dengan singkatan-singkatan standar dalam knitting atau crochet berbahasa Inggris. sementara apabila membuat pola dengan menggunakan metode symbol, selain belum mendapatkan software yang pas untuk saya, cara ini tidak dapat saya lakukan sambil mengerjakan rajutan. 

dengan sistem menggunakan singkatan-singkatan saya bisa menuliskan pola sambil mengerjakan projek merajut yang ada. 

jadi berikut saya membuat daftar singkatan-singkatan yang mungkin berguna dan bisa menjadi acuan dalam membuat pola dan dalam membaca pola merajut. 

Berikut adalah 5 tusuk dasar dalam merajut kait yaitu tusuk rantai, tusuk tunggal, setengah tusuk ganda, tusuk ganda dan tusuk slip



Tusukan dibawah ini sering disebut fillet crochet. Mungkin untuk bahasa Indonesia kita bisa memakai istilah tusuk jaring. 

Saya berharap informasi diatas bisa membantu atau paling tidak membantu dalam memahami singkatan-singkatan yang sering digunakan dalam merajut kait. 

Happy crocheting....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar